Minggu, 03 Maret 2013

Materi SAP


Materi Penyuluhan
Mencegah Asam Urat
  1. Pengertian Asam Urat
Asam urat adalah sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yang dikonsumsi. Ini juga merupakan hasil samping dari pemecahan sel dalam darah.
Purin sendiri adalah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Dengan kata lain, dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin, lalu karena memakan makhluk hidup tersebut, maka zat purin tersebut berpindah ke dalam tubuh kita.
  1. Penyebab asam urat
  1. Faktor dari dalam tubuh
Menurut Hery (2011:7), asam urat secara alamiah akan terbentuk oleh tubuh kita, karena asam urat merupakan hasil sampingan dari pemecahan sel dan pembentukan sel baru yang berkesinambungan. Faktor pembentuk asam urat dari dalam tubuh sebagai berikut :
a.    genetik, beberapa orang terlahir dengan kondisi organ tubuh yang dapat memproduksi asam urat lebih tinggi dibandingkan orang normal
b.    menurunnya fungsi ginjal,
c.    kegemukan, dan
d.   penyakit tertentu. Contoh penyakit yang dapat memicu menigkatnya asam urat adalah leukimia.
  1. Faktor dari luar tubuh
 Asam urat juga disebabkan faktor dari luar tubuh. Artinya penyakit itu trejadi karena ada sesuatu yang dimasukan kedalam tubuh.  Dua hal yang menyebabkan asam urat sebagai berikut :
a.       Obat, beberapa obat dapat menimbulkan tingginya asam urat. Misalnya obat yang digunakan agar darah selalu encer
b.      Makanan, makanan yang mempunyai kandungan asam urat tinggi, yaitu
-          Semua organ dalam binatang dan burung, hati, ginjal, otak, pankreas
-          Daging rusa, burung dara, ayam hitam
-          Ekstrak daging – Kuah, kaldu ayam,
-          Ikan/kerang-kerangan tertentu – Salmon, haring, tenggiri, teri, sarden, kerang, remis, kerang kipas, udang
-          Sayur tertentu – Bayam, kacang polong, buncis , wortel
-          Produk kacang – Tahu, minuman kacang kedelai, tauge, kue kacang, kue bulan, kacang polong
c.       Minuman yang dapat menyebabkan asam urat, yaitu Tape, air kelapa, air siwalan, Alkohol – Bir, sampanye, brendi, wiski, arak
  1. Cara Mencegah Asam Urat
Menurut situs Best Gout Remedies, caranya adalah sebagai berikut
1.      Menghindari makanan yang kaya purin
Tukarkan dengan makanan rendah purin atau yang kadar purinnya sedang-sedang saja.
2.       Kurangi asupan minuman beralkohol
Atau lebih baik dipangkas saja sekaligus. Minuman beralkohol, terutama bir, adalah jenis minuman dengan kadar purin tertinggi. Jika tidak dapat rneninggalkan alkohol, minumlah dengan porsi sedang, yaitu tidak lebih dari satu atau dua gelas wine sehari.


3.      Minum banyak air
4.      Terutama minuman yang diionisasi atau yang mengandung mineral. Minumlah delapan hingga 12 gelas sehari.  Kurangi  konsumsi air alkalin dan jangan minum air berbaking soda, sebab mengandung banyak garam.
5.      Minum susu dan jus jeruk
Menurut beberapa riset, susu menurunkan kadar asam urat. Jika Anda potensial menderita asam urat, risikonya dapat diturunkan bila minum segelas susu setiap hari. Satu gelas susu dapat menurunkan asam urat hingga 0,25 mg/dL, Demikian pula dengan jus jeruk, walaupun sedikit dibawah susu.
6.       Minum kopi
Dalam beberapa penelitian, didapat hasil bahwa kopi dapat menurunkan risiko terkena asam urat.  Kopi juga dapat sedikit menurunkan risiko terkena asam urat. untuk mereka yang telah terkena.
7.      Santap ceri, seledri, stroberi
Makan buahnya atau minum jusnya. Semuanya mengandung komponen yang mampu memerangi asam urat. Beberapa pasien melaporkan, nyeri karena asam urat langsung hilang karena ceri. Buah beri juga bisa membantu pencegahan. Empat besar buah beri yang disarankan adalah elderberi, stroberi, bluberi, dan bilberi. Semuanya dapat mencegah asam urat karena kaya antioksidan, berpurin rendah, dan tidak terlalu asam. Beri  paling oke?  Stroberi!
8.      Multivitamin
Minimal asup satu tablet multivitamin setiap hari. Pilih yang paling kuat dan mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, dan zinc, terutama untuk mereka yang telah berusia di atas 40 tahun.
9.      Turunkan berat badan
Jika Anda termasuk kelebihan berat, sebaiknya turunkan berat badan. Penurunan berat badan adalah tip paling penting dalam pencegahan asarn urat, meski yang paling sulit untuk dilakukan.
10.  Minum vitamin C
Asupan vitamin C sebanyak 500 mg setiap hari, menurut sebuah penelitian, terbukti  dapat mencegah asam urat.
Jadi, cara pencegahan agar terhindar dari asam urat, yaitu :
1)      Cukup istirahat
2)      Hindari menjadi perokok aktif
3)      Hindari mengkonsumsi kopi dan secara berlebihan
4)      Hindari meminum alkohol
5)      Hindari mandi di malam hari
6)      Olahraga secara rutin, minimal 2 – 3 kali dalam seminggu
dowload materi satuan acara penyuluhan

0 komentar:

Poskan Komentar